Minggu, 30 Desember 2012

Cara Unik Mendidik Anak Menabung

Anak-anak tidak dapat dibiarkan untuk boros menggunakan uang jajan. Bagaimanapun, mendidik anak untuk menabung harus dimulai sejak dini. Meski sulit, selalu ada jalan agar mereka mau mengikuti arahan dari orang tua. 
Kebetulan anak saya Kesya, termasuk takut dengan hantu, atau kisah-kisah hantu. Barangkali saking banyaknya sinetron atau film Indonesia yang akhir-akhir ini rajin ditayangkan dengan berlatar kisah pocong, kuntilanak, dan varian hantu lainnya. Wajar, yang namanya anak-anak belum bisa sepenuhnya membedakan mana yang nyata, mana kisah fiksi.

Secara psikologis, ketakutan dengan hantu fiktif ini sangat mengganggu. Mengganggu anak saya maupun kami, orang tuanya. Bayangkan, ke dapur dan kamar mandi saja masih harus ditemani. Belajar sendirian juga kadang tidak mau. Lalu bagaimana solusinya?

Saya dan ibunya sepakat membelikan Kesya sebuah celengan. Anak kami harus mengubah pandangan dan sikapnya terhadap uang. Saya ingatkan kepadanya bahwa uang tabungan dapat membantu kita pada saat-saat sulit Uang juga dapat mengajak kita berliburan ke taman mainan, makan-makan di mall dan membeli buku berkualitas. Uang sanggup mengantar kita pulang kampung sambil bergaya dengan baju baru.

Denga menetapkan uang belanja seratus ribu sebulan, perlahan-lahan Kesya menabung sisa uang jajan. Meski kecil-kecil, yang bersumber dari jimpitan (sisa uang jajan), celengannya mulai berisi. 

Saya mulai memutar otak agar tabungan Kesya makin gemuk. Tidak hanya bersumber dari jimpitan. Kepadanya saya bilang kalau hantu akan lari tunggang langgang jika kita punya banyak uang. Mereka akan benar-benar ketakutan. Dan salah satu jalan untuk memiliki uang banyak adalah dengan menabung.

Hasilnya? Kesya makin bersemangat menabung. Sebelumnya ia menyisihkan sisa uang jajan, sekarang menyisihkan uang tabungan terlebih dahulu sebelum dipakai untuk jajan. Jika belanja harian Rp 3.000,- maka seribu rupiah sudah masuk dalam celengan di pagi hari. Agaknya, ia yakin hantu takut dengan uang, buktinya, tiap malam celengannya dibawa tidur...hehehehe.

Saya berharap jika ia mulai tumbuh besar dan mengerti dengan tujuan menabung, anak saya memahami bahwa rajin menabung dan memiliki uang banyak dapat mengusir hantu yang bernama KEMISKINAN atau kesulitan keuangan.


10 komentar:

  1. terima kasih,, artikelnya bagus,,
    salam
    berita bola terbaru dan terlengkap

    BalasHapus
  2. cara mendidik anak yg baik sekali pak.

    BalasHapus
  3. setelah dia besar dan tau kalau dibohongi maka dia tak akan percaya lagi pada anda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah memberikan pendapatnya mas, o ya kalau udah besar biasanya mereka udah nalar sendiri, dan mungkin saja memahami tujuan orang tuanya...sampai saat ini anak saya malah suka nyimpan uang katanya untuk kuliah hehe

      Hapus
  4. KENAPA MENGAJARI ANAK MENABUNG DG MENGAMBIL KELEMAHANYA,DG MENDAPAT NILAI BAIK DISEKOLAHNYA TRS KITA KSH UANG JAJAN LBH TP SYARATNYA HRS MSK CELENGAN TU JG BAGUS MAS....



    Gratis Download Film Dewasa & Audio Therapy Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak, Kreativitas, Daya Ingat, Konsentrasi, Kecerdasan, Kesehatan, Tenaga Dalam, Energi Supranatural, Penyembuhan ADHD-PTSD, Stres, Autisme, Kecanduan, Insomnia di www.brainsync.co.nr

    BalasHapus