Rabu, 26 Desember 2012

Manfaat Akta Kelahiran

Tadi sore saya menjemput Akta Kelahiran anak di Kantor Dinas Kependudukan Batam, sesuai dengan tanggal yang tertera pada formulir pengurusan, yakni 12 Oktober 2o11. Saya mengurus akta kelahiran anak kedua pada 28 September 2011 dan kisahnya bisa dibaca di sini. Setelah selesai mengambil naskah akta kelahiran tersebut, saya membaca sebuah informasi penting prihal manfaat mengurus akta kelahiran.

Jujur saja, sebelumnya saya tidak begitu menyadari apa sih gunanya memiliki akta kelahiran anak selain untuk dimasukkan pada daftar gaji bagi mereka yang bekerja di sebuah instansi pemerintah atau swasta. Dengan mencatat informasi dan menuliskannya di blog ini, mudah-mudahan kita mengetahui dan memahami secara lebih lengkap manfaat dari dokumen akta kelahiran berikut ini :

  1. Wujud pengakuan negara atas status individu, perdata, status warganegara dan menunjukkan bukti sah indentitas seseorang
  2. Rujukan untuk penetapan kartu identitas lainnya
  3. Pengurusan administrasi pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi
  4. Pengurusan melamar kerja
  5. Pengurusan paspor
  6. Pengurusan bea siswa
  7. Pengurusan warisan
  8. Pengurusan pensiun
  9. Pengurusan catatan perkawinan
  10. Pengurusan ibadah haji
  11. Pengurusan akta kematian
  12. Pengurusan pengakuan anak adopsi
Dasar hukum : Undang-undang 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Temukan informasi tentang dokumen penting lainnya, klik di sini !!


2 komentar:

  1. Informasinya sangat bermanfaat mas Efri, dua tambahan saya lainnya adalah; Mudah untuk pembukaan buku rekenging Bank dan asuransi he he he... Tapi link nya tidak ada mas ya ??? :(. Any way thank for sharing informasi yang bermanfaat.

    BalasHapus
  2. makasih mas, link akan diperbaiki segera

    BalasHapus